Rabu, 27 Maret 2013

PTK SMP 55 - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA ALAT MUSIK BAGI SISWA KELAS 8A SMP NEGERI 2 BARAT PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAKSI
Siti Rukanah, S.Pd “ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN PERAGA ALAT MUSIK BAGI SISWA KELAS 8A SMP NEGERI 2 BARAT PADA SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009”

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi turunan bagi siswa kelas 8 A semester 1 di SMP Negeri 2 Barat dengan cara penggunaan alat peraga pada pembelajaran. strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas 8A semester 1 di SMP Negeri 2 Barat sedangkan objeknya adalah pembelajaran materi mengapresiasikan seni musik pada mata pelajaran pendidikan seni musik yang diajarkan dengan cara demonstrasi dan mengaktifkan siswa dalam kelompok.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 75 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat sebesar 25 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi pembelajaran dalam kelas dan dengan tehnik pembelajaran demonstrasi dengan alat peraga.

Keyword
A        Pembelajaran Seni Musik
B        Alat peraga
C        Metode Pembelajaran demonstrasi



DAFTAR PUSTAKA


Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Sardiman. A.M, 2004,  Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung. Penerbit ALFABETA.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si, 2003, Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung, Remaja Resdokarya.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar