Rabu, 27 Maret 2013

PTK SMP 52 - Upaya Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Pokok Garis dan Sudut dengan Menggunakan Metode


Upaya  Perbaikan  Prestasi  Belajar  Matematika  Pada Materi Pokok Garis
dan Sudut  dengan  Menggunakan Metode Demonstrasi dan Penggunaan
Alat Peraga pada Kelas VII D SMP Negeri 2 Randublatung
Kabupaten Blora Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009

ABSTRAK

                         Dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Randublatung Blora ditemukan permasalahan rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII D pada materi pokok Garis dan Sudut yang ditunjukkan hanya 11 siswa yang tuntas dari 34 siswa. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam konsep Garis dan Sudut dengan menggunakan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Randublatung Blora semester II tahun pelajaran 2008/2009.

                         Setting penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Randublatung Blora kelas VII D dengan jumlah siswa 34 anak. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika pada konsep Garis dan Sudut, serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.  Alat Pengumpul Data berupa : lembar observasi; pedoman wawancara dan daftar nilai siswa. Untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Garis dan Sudut diterapkan pada siswa dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya melalui Triangulasi Data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prosedur penelitian dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pembelajaran dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.

                         Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada pra siklus sebanyak siswa yang tuntas 32,4% atau 11 dari 34 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 23 dari 34 siswa atau 67,6%. Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 34 siswa atau 55,9% dan siswa yang tidak tuntas adalah 15 dari 34 siswa atau 44,1%. Perbaikan pembelajaran pada siklus II  adalah: siswa yang tuntas 32 dari 34 siswa atau 94,1%. Terdapat peningkatan 38,2% dari siklus I dan siswa yang tidak tuntas adalah 2 dari 34 siswa atau 5,9%.Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II, maka hipotesa yang mengatakan “Penggunaan metode demonstrasi dan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok Garis dan Sudut siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Randublatung Blora semester II Tahun Pelajaran 2008/2009” terbukti kebenarannya.



DAFTAR PUSTAKA

-        Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
-        Buchori (2006). Matematika I untuk Kelas VII SMP. Semarang : Aneka Ilmu
-        Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika. Surakarta : Sindhunata
-        Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
-        Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
-        Hana Lestari (2007). Progresif Matematika Kelas VII SMP. Surakarta : Puataka Manggala.
-        Moedjiono dan Dimyati, Moh.  (1991), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
-        Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT
-        UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
-        Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar