Selasa, 12 Maret 2013

PTK SMP 50- UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BILANGAN BULAT MELALUI


UPAYA    PENINGKATAN   PRESTASI   BELAJAR   MATEMATIKA
BILANGAN BULAT MELALUI METODE KERJA KELOMPOK BAGI
SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 RANDUBLATUNG
KABUPATEN BLORA PADA SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK 

                         Dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Randublatung Blora ditemukan permasalahan rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas VII C pada materi Bilangan Bulat. Untuk itu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode kerja kelompok dengan tiga siklus yaitu siklus I dan siklus II. Rumusan masalah yang diajukan adalah: “Apakah metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada pemahaman konsep Bilangan Bulat siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Randublatung Blora Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009?”

                         Setting penelitian ini adalah di SMP Negeri 2 Randublatung Blora kelas VII C semester I Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 32 anak. Data penelitian yang dikumpulkan berupa informasi tentang prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika pada konsep Bilangan Bulat, serta kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.  Alat Pengumpul Data berupa : lembar observasi; pedoman wawancara dan daftar nilai siswa. Proses untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi Bilangan Bulat pada pelajaran matematika yang diterapkan pada siswa dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara divalidasi datanya melalui Triangulasi Data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Prsedur penelitian dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan perbaikan pembelajaran dua siklus. Kriteria Ketuntasan Minimal adalah 60. pembelajaran dikatakan berhasil apabila 85% siswa memenuhi KKM.

                         Hasil dari penelitian adalah: Dengan adanya perbaikan pembelajaran matematika pada materi pokok Bilangan Bulat dengan siklus I dan siklus II pada siswa kelas VII C terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan : Siklus I sebanyak 24 siswa atau 75% tuntas dan 8 siswa atau 25% tidak tuntas. Siklus II, sebanyak 30 siswa atau 94% tuntas dan 2 siswa atau 6% tidak tuntas. Hal ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran dengan metode kerja kelompok telah berhasil.


 
DAFTAR PUSTAKA


Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Buchori (2006). Matematika I untuk Kelas VII SMP. Semarang : Aneka Ilmu

Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Hana Lestari (2007). Progresif Matematika Kelas VII SMP. Surakarta : Puataka Manggala.

Moedjiono dan Dimyati, Moh.  (1991), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.

Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 



Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar