Senin, 28 Januari 2013

PTK SMA 77 - OPTIMALISASI MODALITAS VISUAL,


OPTIMALISASI MODALITAS VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTIK  UNTUK MENINGKATKAN READING SKILL BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMA NEGERI .....

ABSTRAK
..........., NIP ........ Optimalisasi Modalitas Visual, Auditorial, dan Kinestik  untuk Meningkatkan Reading Skill Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri ..... Penelitian Tindakan Kelas. 2009/2010

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang mengoptimalkan modalitas visual, auditorial, dan kinestik untuk meningkatkan reading skill siswa kelas X; (2) Mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris terkait dengan reading skill.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 di kels X SMA Negeri .....
Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran yang mengoptimalisasikan modalitan V-A-K untuk materi reading dilakukan dengan: (a) Optimalisasi viasual: penggunaan warna-warna pada kata-kata sulit dalam text di papan tulis dan penugasan penggunaan warna pada siswa, penggunaan warna-warna untuk memahami tata bahasa kalimat dalam text, penggunaan gambar atau simbol dan peta kalimat untuk memahami pola kalimat dalam text maupun membantu memahami kata-kata sulit, dan penggunaan diagram waktu untuk mempermudah memahami perubahan kata kerja pada waktu lampau dan kata kerja dasarnya, (b) Perbaikan proses pembelajaran kinestik dilakukan dnegan menggunakan ilustrasi gerakan tangan, badan, sentuhan pada kata atau benda untuk membantu memhami dan mengingat makna kata sulit ataupun pola kalimat, memberikan kesempatan siswa untuk belajar mengingat dan memahami makna text maupun pola kalimat dengan deminstrasi, dan menggunakan kalimat-kalimat action yang berasosiasi dengan kata-kata sulit ataupun untuk membedakan pola kalimat, (c) Perbaikan pembelajaran auditorial dilakukan dengan memberikan penekanan-penekna pada S-P-O-K dan memberi kesempatan siswa bersikusi mengemukakan pendapat dan mempertahankan pendapat, memberikan suara-suara audio yang berasosiasi dengan kata maupun pola kalimat dalam text, dan memberikan kesempatan siswa untuk berbicara dalam memahami dan mengingat materi. Terjadinya peningkatan proses pembelajaran yang mengoptimalkan modalitas V-A-K diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa dari pra pelaksanaan penelitin sampai pada siklus II; (2) Optimalisasi modalitas V-A-K dalam pembelajaran reading mampu meningkatkan prestasi belajar reading siswa kelas X SMA Negeri ....., dengan peningkatan  nilai rata rata dari pra penelitian tindakan yang hanya hanya 6,8 meningkat menjadi 7,4 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 7,9 pada siklus II, dimana nilai rata-rata pada siklu II sudah lebih tingi dari KKM yang ditetapkan.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar