Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 64 - PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN


PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
KELAS XI IPA MAN MALANG 1 DALAM BELAJAR
MATA PELAJARAN FIQIH

ABSTRAK

Moch. Choirul Muslich, 2007. Penerapan Strategi CTL Dengan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA MAN Malang 1 Dalam Belajar Mata Pelajaran Fiqih.

Kata kunci : Strategi CTL dan Metode Cooperative Learning.

                Rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fiqih seringkali disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang dipresentasikan oleh guru.
                Untuk menanggulangi hal tersebut setidaknya telah banyak strategi dan metode pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning. Hal ini nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu pembelajaran di Indonesia pada umumnya,  sebab pada strategi dan metode pembelajaran ini keaktifan serta kerjasama sama peserta didik dalam memecahkan masalah lebih diutamakan.
                Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik kelas XI IPA MAN Malang 1 terhadap mata pelajaran fiqih melalui  penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive learning. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi.l
                Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan strategi CTL dengan metode cooperative learning terbukti dapat meningkatkan  kualitas hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI IPA MAN Malang 1. Secara kuantitatif hal ini dapat dibuktikan melalui hasil penilaian diskusi yang menunjukkan bahwa semua kelompok memperoleh nilai yang memuaskan (lulus). Sedangkan bukti kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya peserta didik yang menyatakan senang terhadap strategi dan metode pembelajaran ini, hal ini terwujud dengan tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, suasana kelas menjadi lebih hidup dan adanya pengalaman baru bagi peserta didik untuk melakukan analisis sederhana terhadap suatu permasalahan yang sedang timbul di masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA

       Depdiknas, Pendekatan Kontekstual, 2002
       ..................Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk MA, Jakarta. 2002
Ibrahim, Muslimin Dr, M. Pd dkk, Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. 2000
Muhaimin Drs, MA dkk, Strategi Belajar Mengajar. CV. Citra Media. Surabaya. 1996
Nurhadi Dr, M. Pd dkk, Pembelajaran Kontekstual. Univertitas Islam Negeri Malang. 2003
Saputro, S, Strategi Pembelajaran.  Universitas Negeri Malang, 2000.
Zuhairini Prof, Dra dkk, Metodologi Pendidikan Agama Islam. UM Press. Malang. 2004
.....................Metodik Khusus Pendidikan Agama. Usaha Nasional. Surabaya. 1983
…………….Pedoman Pendidikan Universitas Islam Negeri Malang Tahun Akademik 2005/2006, Universitas Islam Negeri Malang, 2005.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar