Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 54 - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK


PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X TI C  SMK NEGERI 1 MANGGAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010
ABSTRAK

Syahrial, 2010. Penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran kimia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X TI C SMK Negeri 1 Manggar tahun pelajaran 2009/2010.

Kata Kunci : jigsaw, aktifitas, hasil belajar

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas X TI C SMK Negeri 1 Manggar tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw dengan dua siklus. Pada sesi I siswa diberi waktu 50% di kelompok tim ahli dan 50% di kelompok asal, sedangkan di sesi II siswa diberiwaktu 25% di kelompok tim ahli dan 75% di kelompok asal. Di kelompok tim ahli siswa diberi kebebasan untuk mencari bahan ajar yang relevan dengan sub pokok bahasan yang telah ditentukan untuk kelompok masing-masing. Diskusi dalam kelompok tim ahli diarahkan agar seluruh anggota tim ahli benar-benar menguasai bahan ajar dari berbagai macam sumber tersebut. Sedangkan di kelompok asal, siswa yang berasal dari beberapa kelompok tim ahli akan saling tukar informasi sampai keseluruhan materi tuntas dibahas di dalam kelompok asal tersebut. Hasil dari penelitian ini pada siklus I menunjukkan sedikit peningkatan, dari sebelum penelitian prosentase siswa yang tuntas 38% naik menjadi 52%. Hasil yang belum begitu memuaskan ini disebabkan oleh belum terbiasanya siswa dengan metode pembelajaran kooperatif jigsaw yang menuntut siswa aktif dan kreatif mulai dari mencari bahan ajar sampai menguasai bahan ajar tersebut, biasanya mereka terbiasa dengan menunggu pemberian materi dari guru termasuk penjelasan dari materi tersebut semuanya tergantung pada guru. Dengan motivasi dari guru, pada siklus II didapat hasil yang lebih baik, 90% siswa tuntas belajar dari 29 orang siswa yang ada di dalam kelas. Dapat disimpulkan  bahwa dengan metode pembelajaran kooperatif jigsaw siswa akan lebih aktif  dan adanya peningkatan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode jigsaw dalam pembelajaran kimia.
DAFTAR RUJUKAN


1.         Zainal aqib,Sujak, M. Maftuh, Kawentar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK.Yrama Widya.
2.         Pauline Panen.2000.Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas
3.         Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Bumi Aksara.
4.         Yuliani Nuruni. 2003.Strategi Pembelajaran. Depdiknas
Asnailis, Elseva Mayetri.2009. PTK Kimia Model Jigsaw. www.docstock.com.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar