Sabtu, 05 Januari 2013

PTK SMA 48 - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER 2


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI
SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 DEMAK DENGAN MEMBERIKAN
UMPAN BALIK KUIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

SARI
Lismiyati. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 2 Demak dengan Memberikan Umpan Balik Kuis dalam Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD).
Skripsi. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Eko Budi Susatyo, M.Si dan Pembimbing II Dra. Sri Wardani, M.Si.

Kata kunci: Hasil belajar kimia, umpan balik kuis dan Student Teams Achievement Division (STAD)
Hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 2 Demak masih relatif rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran kimia. Siswa enggan dan takut bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran tidak dapat dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan tugas individual. Cara ini ternyata kurang efektif dalam mencapai standar ketuntasan belajar. Saat mengoreksi hasil tes siswa, guru hanya mencoret jawaban yang salah tanpa menunjukkan jawaban yang benar. Hal ini mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mencari jawaban yang benar dan mungkin melakukan kesalahan yang sama pada ulangan berikutnya sehingga sulit untuk meningkatkan hasil belajarnya.
Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan umpan balik kuis dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah pemberian kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemberian kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan empat siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri 2 Demak. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif .
Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,26, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,66 dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80,1. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I adalah 80,95%, kemudian pada siklus II sebesar 92,86% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95,26%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan merasa senang selama proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah pemberian umpan balik kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Dalam menggunakan model pembelajaran STAD dibutuhkan manajemen waktu yang baik. (2) Guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga siswa tidak mengalami kebosanan. (3) Guru hendaknya meningkatkan teknik pemberian umpan balik.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Poskan Komentar