Selasa, 08 Januari 2013

PTK SMA 12 - PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM


PENERAPAN  METODE  PEMBERIAN  TUGAS  DALAM  UPAYA MENUMBUHKAN  MINAT  BELAJAR  DAN  MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK
DIMENSI TIGA BAGI SISWA KELAS III IPA 4
SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2004/2005

ABSTRAK

Penerapan  Metode  Pemberian  Tugas   dalam  Upaya  Menumbuhkan Minat   Belajar dan  Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Bagi Siswa Kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”

 

Oleh : Dra. Nurul Subandiyah

( Guru Matematika SMA Negeri 1 Madiun )

Alamat : Jl. Mastrip No. 19 Madiun Jawa Timur
Tujuan Penelitian ini adalah yaitu: 1. Melalui metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”. 2. Melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari 2005 s. d. April 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas          III IA 4 Tahun Pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada kondisi awal kelas III IPA 4, hasil evaluasi Materi Pokok Dimensi Tiga, sebanyak 20 siswa atau 55,6% tidak tuntas, sedangkan yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 44,4%.          Siklus I: 26 siswa atau 72,2% tuntas, sedangkan 10 siswa atau 27,8% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75% maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Ssiklus II adalah keseluruhan siswa sebanyak 36 siswa atau 100% tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 100% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode penugasan telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut : 1. Dengan metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005” terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”, terbukti kebenarannya.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Poskan Komentar