Selasa, 08 Januari 2013

PTK SMA 11 - UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA


UPAYA  PENINGKATAN  MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR MATEMATIKA  POKOK  BAHASAN  MATRIKS  DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA KELAS XII A.1
SMA NEGERI  1  NGUTER KAB.  SUKOHARJO
TAHUN  PELAJARAN  2007 / 2008

ABSTRAK
Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Matriks  Dengan  Metode  Pembelajaran  Kooperatif  Kelompok  Belajar
Model Jigsaw Siswa Kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2007/2008”

Oleh : Dra. Yuni Pardiastuti

( Guru Matematika SMA Negeri 1 Nguter Kab. Sukoharjo )

                   Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter. 2. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMAN 1 Nguter Sukoharjo.

                Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007 s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII A.1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.

                Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas:
49
 
Pada pra siklus sebanyak 25 siswa atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa atau 37,5% tuntas.  Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 34 siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan 85% > 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode kooperatif model Jigsaw telah berhasil. Sehingga hipotesis yang mengatakan : 1. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo, terbukti kebenarannya. Dan 2. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter, terbukti kebenarannya.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar