Selasa, 08 Januari 2013

PTK SD 30 - MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN


MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPS
MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA
PADA SISWA KELAS V SEMESTER II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIK
KABUPATEN SIDOARJO

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan yang berorientasi dari model model pembelajaran yang konvensional kepada model model pembelajaran yang terbaru maka, guru dituntut unutuk terus menerus melatih diri untuk menerapkan metode metode tersebut. Penerapan metode membutuhkan keterampilan khusus yang berawal dari pembiasaan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka akan dapat dihasilkan kemampuan siswa yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Mata Pelajaran IPS yang didominasi oleh aspek kognitif yang bersifat deskriptif  menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran.  Hal ini yang terjadi di sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata pelajaran IPS yang secara khusus pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang.  Secara umum materi yang seperti itu disampaikan dengan metode ceramah langsung melalui cerita. Hal ini menimbulkan kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari proses yang membosankan maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut.
Dalam menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti sebagai guru bidang studi memilih metode yang dianggap sesuai yaitu metode alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang materi pelajaran IPS dengan metode penelitian tindakan kelas.

B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ?.

C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.

C. MANFAAT PENELITIAN
a.       Bagi Kepala Sekolah :  Sebagai sarana  pembinaan kepada guru guru bidang Sosial untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.
b.       Bagi guru  bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi Sosial.
c.       Bagi teman sejawat :  Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas  dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Poskan Komentar