Selasa, 08 Januari 2013

PTK SD 22 - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF)  SISWA KELAS II SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR
KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2004/2005

ABSTRAK

Endang Sulistiyowati, PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPASIF) SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2005.
Peningkatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan prestasi belajar bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipasif) di kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Pemusan masalah yang diajukan adalah apakah melalui pembelajaran kelomok (partisipatif) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca) di kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah – langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, observasi, dan mengadakan refleksi. Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa melakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti, sedangkan peneliti yang diteliti sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung, dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) siswa kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaran  kelompok (partisipatif) serta selalu membawa unsure – unsure dalam pembelajaran. Dalam setiap putaran atau siklus selalu membawa dampak yang positif yatu keraha peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Poskan Komentar