Senin, 07 Januari 2013

PTK SD 16 - PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM



 

 
PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II
SEKOLAH DASAR NEGERI GEDANGAN 01
KECAMATAN GROGOL KABUPATEN
SUKOHARJO



 

 
ABSTRAK
Sugiyanto. NIM 0550801375. Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi: Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 2008.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk  mendeskripsikan sistematika pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dan 3) untuk mendeskripsikan cara yang efektif dalam memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.

Metode yang digunakan adalah  metode deskripsi kualitatif artinya data yang dihimpun disusun secara sistematis kemudian diinterprestasikan, dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan individu, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan informasi yang diperoleh dengan membandingkannya terhadap informasi dari sumber lain. Teknik analisis data dilakukan melalui empat komponen pokok yaitu,pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah diketahuinya pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 dilaksanakan dengan sistematika sebagai berikut:a)menyampaikan pembelajaran melalui bacaan,b)menyampaikan pembelajaran tentang mengintepretasikan atau menerjemahkan sistem komunikasi dalam karya sastra,c)menyampaikan pembelajaran membuat suatu cerita, pertanyaan dan jawaban,d)memberikan pembelajaran deklamasi untuk melatih siswa berekspresi dalam berkomunikasi,e)memberikan pembelajaran gramatika secara terpadu atau terintegrasi dalam media komunikasi seperti bacaan,maupun dalam kegiatan bertanya-jawab dan membuat suatu ceritera,f)melakukan observasi, baik melalui ulangan maupun melalui pengamatan kualitiatif,g)melakukan refleksi secara informal untuk mengevaluasi dan menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran pada tahap berikutnya. Adapun kendala yang muncul meliputi kondisi verbal siswa, kondisi psikis siswa, kendala teknis, kemampuan visual siswa,dan kendala eksternal. Selanjutnya solusi yang diberikan adalah dengan mengenalkan siswa pada teks baik bacaan dan puisi yang tingkat kesulitannya meningkat secara bertahap, pemberian motivasi atau dorongan untuk memberikan semangat pada siswa, dilakukan pembelajaran intepretasi gambar ilustratif secara perlahan, dan melibatkan orang tua siswa untuk membantu menyiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran di sekolah.


'Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700







0 komentar:

Poskan Komentar