Senin, 12 November 2012

pts 16 -Peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM-GEMBROT


Peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM-GEMBROT melalui model MAKEK padsa SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat

ABSTRAK


 Gusnanta, 2008 “Peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM-GEMBROT melalui model MAKEK padsa SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat”



Salah satu prinsip dalam KTSP adalah dalam pembelajaran harus menegakkan lima pilar belajar yakni  agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar untuk memahami dan menghayati, belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot ( PAIKEM-GEMBROT ). PAIKEM-GEMBROT adalah sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap dan pemahaman berbagai sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif.  Meskipun yang diharapkan pertama dan utama adalah keaktifan dan kreatifitas siswa, namun sebenarnya gurupun dituntut untuk aktif dan kreatif. Agar pembelajaran model ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sudah tentu guru harus merancang pembelajaran dengan baik, melaksanakannya dan akhirnya menilai hasilnya. SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat, 84,21 % dari guru-gurunya kurang faham dan belum melaksanakan PAIKEM-GEMBROT. Sisanya  sebesar 17, 79 % sudah pernah belajar tentang PAIKEM-GEMBROT-GEMBROT dan sudah mencobanya dalam pembelajaran. Setelah mendapat bimbingan dan binaan melalui tindakan dalam penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan 80,52 % guru SMK PGRI 29 Jakarta Barat mampu menyusun  menyusun RPP yang bernuansa PAIKEM-GEMBROT dan 70,98 % guru SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat mampu melaksanakan PAIKEM-GEMBROT-GEMBROT. Proses tindakan dalam penelitian tindakan sekolah di SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat ini adalah dengan model MAKEK. Model MAKEK adalah pemecahan masalah dengan langkah-langkah definisikan Masalahnya, tentukan Alternatif yang terbaik, tetapkan Kriteria, Evaluasi alternatif-alternatif tersebut dan buat sebuah Keputusan.


Kata kunci  :  PAIKEM-GEMBROT, Pemecahan masalah,   model MAKEK.

DAFTAR PUSTAKA

Dardiri,  A. 2008, Model Pembelajaran PAKEM, UNY Yogyakarta ( On line ) Tersedia http://www.uny.ac.id/home/data.php?m=951da6b7179a4f697 cc89d36acf74e52&i=i...tanggal 03/09/2008

Depdikbud, 1999, Penelitian Tindakan, Jakarta, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Margono, S. 2003, Metodologi Penelitian Tindakan, Jakarta, PT. Rineka Cipta

Syaifuddin, M. 2007, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas/

Tslimuharrom, T. 2008, Metodologi PAKEM , (On line) Tersedia http://guru pkn, wordpress.com tanggal 03/09/2008
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar