Senin, 12 November 2012

PTS 10 -UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENYUSUN DAN MENGGUNAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SANGGAR



UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENYUSUN DAN MENGGUNAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SANGGAR KEGIATAN MGMP

ABSTRAK
 Permasalahan dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan Profesionalismen Guru dalam menyusun dan menggunakan perangkat pembelajaran melalui Sanggar Kegiatan MGMP?” Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan cara mengimplementasikannya di kelas agar tercipta suasana kelas yang kondusif sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian Guru Mata Pelajaran masing-masing kelompok bidang ilmu. Dari data hasil tes dan observasi diperoleh nilai tes pada siklus I sebagian besar guru sudah siap untuk menyusun perangkat pembelajaran meskipun masih terdapat sebagian kecil guru yang belum sempurna dalam menerapkan skenario pembelajaran yang telah dibuat. Disimpulkan bahwa kegiatan MGMP dapat mempengaruhi dan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun dan menggunakan perangkat pembelajaran.

Kata kunci : Profesionalisme Guru, MGMP, motivasi siswa, prestasi
DAFTAR PUSTAKA


Anonim, 1993. Buku Pedoman MGMP Seluruh Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikdasmen

----------, 1998. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan MGMP SLTP dan SLTA. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Danim, Sudarwan, 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Moleong, Lexy.J., 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, N.S, 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutopo,HB., 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wijaya, Ali Aksun, 2006. Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Semarang: CV Duta Nusaindo.

Zamroni, Dr, 2004. Pedoman Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

-----------,http://www.google.com/. Kata kunci Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Model Perangkat Pembelajaran, Contextual Tecahing and Learnong.

Sumber-sumber lain yang relevan.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar