Rabu, 14 November 2012

PTK SMA 13 - PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X H PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA


PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X H PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2005/2006

ABSTRAK


Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika khususnya dalam Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas X H SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan September 2005 s.d. November 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas X H Tahun Pelajaran 2005/2006 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus
Hasil penelitian: Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM (> 67) yaitu 15 dari 37 siswa atau 40,5%. Siswa yang tidak mencapai KKM (< 67) adalah 22 siswa atau 59,5%. Nilai rata-rata adalah 61,76. Siklus I: Siswa yang mencapai KKM  adalah 24 siswa atau 64,9%. Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 13 siswa atau 35,1%. Nilai rata-rata adalah 68,27. Siklus II, siswa yang mencapai KKM  adalah 34 siswa atau 91,9%. Siswa yang tidak mencapai KKM  adalah 3 siswa atau 8,1%. Nilai rata-rata adalah 75,03, Pada siklus II ini rata-rata kelas 75,03 dan siswa yang memenuhi KKM sebanyak 91,9%. Peningkatan prestasi ini telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan lebih dari 75% dan rata-rata kelas berada di atas 75. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II, maka hipotesis yang mengatakan “Penggunaan metode Drill dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas X H pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”, terbukti kebenarannya.

DAFTAR PUSTAKA


Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Choiriyah, Siti. 2006. Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2006. Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.

Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang, Penerbit Effhar Publishing.

Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung Persada Press.

Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

Suryadi, Didi. 1997. Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 



Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Poskan Komentar