Minggu, 23 September 2012

PTK SMA - 09 PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII


PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IA-2 PADA
MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LOGARITMA
DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran dan prestasi belajar secara maksimal. Secara mudahnya prestasi belajar yang maksimal ditandai dengan perolehan nilai atau hasil berlajar yang tinggi.
Pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak lanjut. Hal tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi. Dengan evaluasi akan diketahui seberapa jauh seorang siswa menerima bahan ajar yang diberikan kepadanya.
 Seiring dengan hal tersebut, tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya matematika pada diri siswa di SMA Negeri 1 Madiun  Menurut data hasil evaluasi belajar kelas XII IA 2 Tahun Pelajaran 2006/2007 daya serap terhadap mata pelajaran matematika kurang. Pada materi Logaritma dalam ulangan harian yang mencapai penguasaan materi sebesar 49% atau hanya 19 anak dari 39 siswa. Dari permasalahan tersebut maka guru mencari masalah yang menjadi kendala bagi siswa SMA Negeri 1 Madiun sehingga dapat membantu meningkatkan penguasaan materi pelajaran matematika materi Logaritma akhirnya prestasi belajar siswa juga meningkat.
Adanya kekurangan dalam pembelajaran matematika ini, penulis refleksikan pada diri sendiri mengenai sebab-sebabnya, kemudian dibuat catatan untuk merancang suatu kegiatan perbaikan pembelajaran. Rencananya pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika pada materi Logaritma di  Kelas XII IA-2. apabila siklus pertama telah berhasil, maka tidak perlu dilakukan perbaikan siklus 2. tetapi apabila siklus pertama gagal, maka dilanjutkan ke siklus-siklus berikutnya sampai diperoleh keberhasilan perbaikan yang ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil judul : “PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IA-2 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LOGARITMA DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2006/2007”.

B.      Identifikasi Masalah

       Proses belajar mengajar  Kelas XII IA-2  SMA Negeri 1 Madiun terhadap pelajaran Matematika dalam materi pelajaran Logaritma dalam ulangan harian hanya 19 siswa dari 39 siswa yang mencapai penguasaan materi. Selama pembelajaran berlangsung siswa tidak termotivasi untuk memahami penjelasan guru, karena guru dalam mengajar tidak melibatkan siswa secara aktif, bahkan sering guru memberi pertanyaan ke siswa pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan metode dan alat peraga yang sesuai serta menarik perhatian siswa.
Pada umumnya para siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran Matematika karena dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit karena harus menghitung dan menghafalkan rumus. Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi dengan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.       Siswa mempunyai anggapan bahwa Matematika merupakan mata pelajaran yang sukar untuk dipelajari
2.       Siswa tidak berani bertanya dan cenderung pasif
3.       Pengetahuan dan informasi yang diterima siswa masih sebatas produk hafalan
4.       Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
5.       Guru sering tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai
6.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru
7.       Tidak digunakannya alat peraga yang sesuai dengan materi.
Berangkat dari masalah-masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan terhadap mata pelajaran matematika pada diri siswa.

C.      Rumusan Masalah

           Temuan tersebut merupakan alternatif dari sekian banyak temuan yang muncul selama pembelajaran berlangsung. Atas dasar temuan permasalahan itu penulis dapat merumuskan masalah dalam pembelajaran yaitu: “Apakah penggunaan alat peraga Tabel dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas XII IA-2 pada Mata Pelajaran Matematika Materi Logaritma di SMA Negeri Madiun Tahun pelajaran 2006/2007”.

 

D.      Tujuan Penelitian

Dari latar belakang yang telah dikemukakan maka penelitian ini bertujuan untuk :
1.       Mendeskripsikan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan Matematika pada materi Logaritma
2.       Untuk meningkatkan kualitas pembelajara Matematika khususnya dalam materi logaritma dengan menggunakan media alat peraga tabel atau tabel.
3.       Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika.

E.      Manfaat Perbaikan

           Proses penulisan laporan dimulai dengan adanya masalah yang dirasakan dalam pembelajaran. Langkah menemukan masalah dilanjutkan dengan mengidentifikasi masalah, menganalisis dan merumuskan masalah, kemudian merencanakan PTK dalam bentuk perbaikan, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Adapun manfaat dari perbaikan pembelajaran adalah :
1.       Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas penggunaan alat peraga tabel dalam pembelajaran matematika, guru sedikit demi sedikit mempunyai keinginan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa sedikit demi sedikit dapat diatasi dengan penanaman konsep yang benar.
2.       Bagi Siswa
Penelitian ini sangat bermanfaat bagi siswa yang bermasalah di kelas            XII IA-2 dalam meningkatkan pemahamannya terhadap Materi Logaritma. Keberhasilan peningkatan pemahaman tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
3.       Bagi Sekolah
Setelah keberhasilan penelitian ini yaitu penerapan metode demonstrasi dan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika khususnya Logaritma, akan memberikan sumbangan yang baik pada sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di dalam kegiatan belajar di kelas.

DAFTAR PUSTAKA


Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata

Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. (2006). Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen D2 Karunika UT

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700





















0 komentar:

Poskan Komentar